Cara Mudah Membuat Laporan Kampanye Media Sosial
00.43Laporan Kampanye Media Sosial
Kampanye sosial media biasanya berjalan dalam periode waktu tersendiri dengan arah yang telah diputuskan. Jadi penanggung jawab kampanye, kamu selalu harus siap waspada memantau tiap perubahan yang berlangsung pada sosial media yang kamu tangani. Makin dinamisnya dunia digital, terutamanya sosial media sekarang, mengakibatkan kamu harus siap dengan rencana pilihan untuk sampai arah kampanye sosial media kamu jika berlangsung kondisi yang tidak kamu perkiraan awalnya. Oleh karenanya laporan kampanye dengan teratur adalah hal yang penting kamu punya. Tidak hanya jadi pertanggungjawaban kamu pada client, laporan kampanye sosial media dengan teratur akan menolong kamu untuk sampai arah akhir dari kampanye sosial media yang kamu kerjakan.
Tersebut beberapa panduan untuk bikin laporan sosial media yang informatif
Apa Saja Yang Harus Ada Di Laporan
Sebelum membuat laporan, jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut: 1.Siapakah Sasaran Audience Kamu? 2.Apa Type jasa kampanye online Yang Akan Kamu Presentasikan? 3.Apa Saja Info Yang Berkaitan dengan Kampanye? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu kamu akan memperoleh satu deskripsi besar tentang apa yang akan kamu adukan pada client kamu. Sesudah memperoleh deskripsi besarnya, kamu bisa mengawali membuat laporan dengan beberapa tahapan seperti berikut:
Deskripsi Umum
Laporan kamu bisa dibuka dengan deskripsi umum tentang kampanye itu dan deskripsi singkat tentang perjalanan kampanye sosial media sampai waktu kamu membuat laporan itu.
Deskripsi Kesuksesan
Kamu bisa menceritakan dengan singkat tentang perolehan sasaran yang sudah ditanggung oleh client kamu. Kamu bisa menyediakan keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih sepanjang periode kampanye itu. Contohnya kamu bisa tampilkan lonjakan jumlahnya followers atau foto-foto beberapa peserta kuis
Data Serta Bukti
Ini ialah sisi dimana kamu menerangkan dengan detil tentang perform account sosial media yang sedang kamu tangani. Kamu bisa menyediakan perbandingan data misalnya: Bertambahnya / Pengurangan Jumlahnya Post Bertambahnya / Pengurangan Jumlahnya Followers / Fans Perbandingan Jumlahnya Click, Like, serta Sharing Jumlahnya Followers / Fans Yang Buka Profile Account Media Sosial Kamu Jumlahnya Pemirsa Video Yang Kamu Post Jumlahnya Pemirsa Story Kamu Post Yang Mempunyai Perform Paling baik Kamu dapat memberikan tambahan keseluruhan anggaran yang telah kamu pakai pada Facebook Ads / Instagram Ads serta Iklan sosial media yang lain. Diluar itu kamu dapat memberi laporan tentang influencer yang bekerja bersama dengan kamu dalam kampanye sosial media itu.
Analisa
Sesudah penyajian dibagian laporan awalnya, di bagian ini kamu bisa menjelaskan hasil analisa kamu berdasar data-data yang telah kamu sediakan. Kamu bisa memberi perbandingan tentang type post mana yang efisien dan beberapa faktor yang mengakibatkannya. Kamu dapat memberi saran-saran untuk perbaikan dari kampanye yang masih kurang efisien.
Rangkuman
Kamu bisa tutup laporan dengan memberi rangkuman tentang dari hasil kampanye sosial media kamu sepanjang periode laporan.
Panduan:
Bikinlah Sesederhana Mungkin
Bikinlah laporan dengan format segampang mungkin untuk dibaca. Biarlah data kamu menceritakan untuk kamu
Konsentrasi Pada Arah Kampanye
Yakinkan content laporan kamu telah sesuai arah kampanye kamu. Jangan menyediakan content atau data yang tidak berkaitan dengan kampanye sosial media kamu.
Ketahui Audience Kamu
Content serta format laporan kamu harus sesuai dengan pembaca laporan sosial media kamu. Untuk siapakah laporan ini dibikin? Direksi? Manager? Sales? Audience akan memastikan juga data-data yang akan kamu sediakan. Team sales mungkin tidak tertarik dengan jumlahnya uang yang sukses kamu irit dalam periode kampanye, tetapi Direksi kemungkinan berpikir sebaliknya.
0 komentar