Senin, 11 September 2017

8 Cara Menata Ruang Kelas yang Nyaman


dekorasi rumah agar terlihat lebih hidup - Penataan ruang kelas adalah kunci untuk membuat lingkungan belajar yang maksimal. Seperti kata pepatah, “Place is heart” (tempat yaitu hati). Jadi tempat itu berpengaruh besar pada keadaan seorang.

Tidak tutup peluang bila ruang kelas itu nyaman dapat tingkatkan semangat dan motivasi belajar murid Kamu. Karena prinsipnya, seorang mengkondisikan dianya di tempat ia berada. Hingga diinginkan murid yang belajar dalam ruang kelas yang nyaman relatif memiliki semangat dan motivasi yang tinggi.

Bila Kamu saat ini merasa kesusahan menata ruang kelas Kamu, janganlah cemas. Berikut 8 tips yang perlu Kamu kerjakan untuk jadikan ruang kelas Kamu jadi ruang kelas yang nyaman.

1. Maksimalkan Warna Ruang Kelas 

Hal yang sering saya jumpai di setiap kelas yaitu warna cat yang mengelupas, corat-coret pada dinding, warna hitam di ruang tertentu karena sandaran kepala oleh siswa, bahkan juga ada kelas yg tidak dicat sama sekalil. Hal itu mungkin bukanlah problem besar, tetapi yakinlah hal itu dapat memengaruhi kenyamanan siapa pun yang memandangnya.

Tetapi untuk memberi warna ruang kelas perlu diperhitungkan warna yang memengaruhi psikologi. Hal semacam ini dikarenakan warna dapat menyebabkan kesan-kesan tertentu dalam membuat suasana ruang dan warna dapat menyebabkan dampak pada jiwa anak-anak, baik dengan segera ataupun tidak segera. Misalnya perasaan gelisah, nyaman, panas, dsb.

Jadi Warna yang Bagaimana? 

Warna yang sesuai untuk ruang kelas yaitu warna yang dapat memberi suasana hangat, nyaman, bebas, rangsang dan aman. Hingga mereka dapat melakukan aktivitas, berimajinasi dengan bebas, peroleh motivasi dan ide dalam setiap aktivitas kreatifnya melalui suasana ruang yang mereka rasakan dan baik untuk perubahan psikologisnya.

Bila Demikian Warna Apa ya yang Tepat? 

Warna yang tepat untuk persyaratan diatas yaitu beberapa warna yang soft seperti putih dan pastel. Bila saya bisa memilih, saya semakin lebih memilih warna putih. Alasannya terkecuali saya menyukai warna putih, juga berdasar pada pendapat berikut :

Putih melambangkan kesucian atau kemurnian, bisa pula melukiskan kesan dingin, lemah lembut dan steril. Pengunaan warna putih yang cerah dalam ruangan juga akan berikan kesan luas, bersih, terang dan megah.

2. Atur Isi Lemari 

Apa yang Kamu rasakan ketika masuk ruang perpustakaan yang tenang, buku tersusun dengan rapi, tersusun sesuai type dan topik buku? Ya, benar. Rasa-rasanya benar-benar mudah mencari buku yang dikehendaki dan pastinya Kamu merasa sangat nyaman.

Saat ini cara membuat kerajinan tangan dari kayu triplek mari kita berpindah ke isi lemari di ruang kelas Kamu. Cobalah Kamu pikirkan, kalau Kamu atau murid Kamu mencari buku di lemari, tetapi buku-buku yang Kamu jumpai tidak tersusun dengan rapi, tidak tersortir. Apa yang juga akan Kamu rasakan? pasti juga akan sangat menyusahkan dalam mencari bukan?

Keadaan isi lemari yang rapi akan memengaruhi psiklogis. Oleh karenanya janganlah remehkan susunan buku yang berada di dalam lemari kamu. Karena kondsi yang rapi dari buku-buku Kamu yang berada di dalam lemari juga akan memberi rasa nayaman, keringanan, aman dan ketenangan.

3. Seragamkan Meja Murid 

Ada dua cara menyeragamkan meja murid. yang pertama lewat cara pengecatan. Hal semacam ini dilakukan jika warna cat meja murid berbeda, atau telah sudah mengelupas.

Sedang cara ke-2 yaitu berikan taplak meja dengan warna dan bahan yang sama. Terkecuali memakai taplak meja, ada cara yang lebih murah dan meriah, yakni memakai karton dan plastik bening jadi pengganti taplak meja.

Hanya bermodal tidaklah sampai Rp. 10.000 per meja, murid Kamu juga akan memperoleh meja yang berkesan lebih baru, rapi dan nyaman. Silakan tunjukkan sendiri.

4. Gunakan Tirai yang Enak Dipandang 

Tirai terkecuali buat ruangan terlihat lebar atau tinggi, pemakaian tirai yang tepat juga akan menyeimbangkan komposisi ruangan lewat cara menyeimbangkan tempat elemen-elemen yang ada di dalamnya.

Tirai bukan sekedar berperan jadi elemen estetika ruangan, atau jadi feature peredam intensitas cahaya matahari dan tingkatkan privacy. Tirai juga memiliki potensi untuk tingkatkan efek visual ruangan agar terlihat lebih luas, lebih tinggi, atau lebih lebar.

Untuk penentuan tirai di kelas, upayakan memakai kain yang tidak tebal dan berwarna soft. Janganlah memilih warna yang terlalu tua.

5. Menjadikan Meja Mengajar Senyaman Mungkin 

Saat Kamu mengajar di kelas, 70% Kamu juga akan memakai meja mengajar jadi tempat bekerja. Oleh karenanya ide kreatif tempat penyimpanan barang buat meja kamu senyaman mungkin. Meja guru yang nyaman yaitu meja yang rapi, terorganisir dan memiliki ruang privacy.

Untuk membuat kesan rapi, jauhi barang berantakan diatas meja. Diluar itu coba Kamu gunakan kaca diatas meja, agar meja Kamu lebih terlihat menawan dan juga akan jadikan terkesan lebar dan bersih. Agar meja kamu teroganisir, sortir lah beberapa barang Kamu per kelompok. Umpamanya kumpulkan khusus alat catat seperti polpen, spidol.

Janganlah lupa buat ruang privacy, seperti laci meja yang dapat dikunci atau memiliki lemari loker pribadi. Karena Kamu tentu memiliki benda penting yang terkadang harus ditinggal di kelas, seperti daftar nilai, absensi, catatan penting dan sebagainya.

6. Buat Pajangan Dinding 

Ruangan yang sempit, langit langit yang rendah, ruangan yang terlalu luas terkadang jadi beberapa aspek yang memengaruhi keindahan kelas. Untuk menangani problem itu, Kamu hanya perlu menempatkan pajangan dinding. Karena pajangan pada dinding nyatanya tidak hanya berperan memperindah ruangan namun juga menutupi kekurangan dan menonjolkan keunggulan pada suatu ruangan.

Apabila ruangan kelas Kamu sempit dan murid Kamu banyak, Kamu dapat dapat menaikkan beberapa garis horizontal yang melintang di dalam dinding agar ruangan kelas terlihat lebih lebar dan panjang. Tidak perlu terlalu banyak, cukup beberapa garis saja dengan cat yang cukup tidak tipis. Dengan langkah tersebut dapat menolong menegaskan panjang ruangan.

Terkecuali cara diatas Kamu dapat memakai pajangan dinding dengan gambar yang didominasi dengan garis horizontal. Misalnya, gambar pegunungan, pantai, tanah yang lega, dan sebagainya. Maksudnya agar Gambar-gambar itu dapat memberi ilusi panjang dalam ruangan kelas kamu.

Terkecuali cara diatas dapat pula Kamu lebih cermin yang cukup besar di salah satu dindingnya. Pantulan bayangan dari cermin itu dapat berikan ilusi seakan-akan masih tetap terdapat ruangan beda dibalik cermin. tetapi Pada dinding disampingnya, beri warna yang lebih gelap dibanding dengan bagian dinding beda.

Berikan pajangan dinding dengan gambar warna-warni yang cerah. Pantulan gambar itu pada cermin dapat juga memberi ruangan terasa lebih lebar.

7. Atur Susunan Meja sesuai Kondisi Kelas dan Siswa 

Pengaturan dan penyusunan ruang belajar sebaiknya sangat mungkin anak duduk bekelompok dan mempermudah guru bergerak dengan leluasa untuk menolong dan memonitor perilaku siswa dalam belajar. Dalam penyusunan ruang belajar, beberapa hal berikut perlu di perhatikan yakni :

Ruang kelas memiliki peranan yang kompleks. Bukan sekedar jadikan macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual ruang belajar, tetapi juga adalah wadah bermain, berkreasi, latihan, perpustakaan mini, apotik hidup, beristirahat, kebersihan dan riset.

Oleh karenanya buat ruang tertentu, umpamanya sediakan lemari kecil khusus buku-buku bacaan untuk perpustakaan mini pada dinding sudut depan.

Agar kelas ada kesan hijau, Kamu dapat membuat pot tanaman apotik hidup dimuka kelas. Untuk hasil kreasi murid Kamu, siapkan meja khusus atau dinding paling belakang untuk tempelkan hasil karya mereka, seperti hasil lukisan, anyaman, puisi dan sebagainya.

Dengan buat beberapa ruang di kelas Kamu, murid juga akan merasa memiliki kelas yang banyak macam, unik dan tidak berkesan monoton. ujung-ujungnya mereka juga akan suka dan nyaman tinggal di kelas.

0 komentar:

Posting Komentar