Selasa, 26 September 2017

Ketahui 12 Penyebab Nyeri Haid Berlebihan

Image result for Ketahui 12 Penyebab Nyeri Haid Berlebihan

cara meredakan nyeri haid hari pertama - Nyeri saat haid pada seorang wanita di awal datang bulan adalah hal yang lumrah dan umum terjadi pada wanita. Rasa nyeri itu mungkin terasa beberapa umum saja hingga wanita masih tetap dapat menggerakkan aktivitasnya dengan normal, namun ada pula yang merasa sangat sakit hingga tidak dapat melakukan perbuatan apa-apa.

Dalam dunia medis arti nyeri itu diberi nama Dysmenorrhea atau Dismenore, yakni keadaan nyeri saat menstruasi yang mengganggu kesibukan keseharian. Rasa nyeri atau dismenore ini memiliki tanda sakit yang berbagai macam, seperti linu, berdenyut, terasanya terbakar, dan yang lain yang biasanya terasa di perut bagian bawah ataupun rahim. Tetapi makin lama rasa nyeri ini juga akan menyusut bersamaan dengan waktu menstruasi yang dihadapi oleh wanita.

Penyebabnya nyeri haid berlebihan pun berbagai macam termasuk nyeri haid yang berlebihan hingga buat wanita tidak dapat melakukan aktivitasnya keseharian, diantaranya :

Keadaan fisiologis 
Keadaan fisiologis ini sangat umum terjadi pada wanita yang belum juga sempat melahirkan. Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp. OG. keadaan ini adalah keadaan dimana leher rahim masih tetap sempit hingga ketika alami menstruasi mengakibatkan uterus (rahim) harus berkontraksi kuat untuk keluarkan darah menstruasi. Kontraksi kuat berikut yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri itu.

Keadaan psikologis 
Keadaan psikologis ini biasanya dikarenakan oleh rasa kekhawatiran yang berlebihan. Hingga tidaklah heran seandainya emosi wanita ketika masa menstruasi lebih peka dari biasanya. Jika biasanya dia terutama tegar dan tegas dalam hadapi problem, maka saat fasa menstruasi ini jadi lebih rapuh dan cengeng walau masaah yang dihadapi yaitu hal yang remeh. Demikian halnya sebaliknya. Perubahan keadaan psikologis berikut yang terkadang mengakibatkan rasa nyeri saat menstruasi jadi makin terasa kenyeriannya hingga berkesan berlebihan, seperti nyeri yang menyebabkan rasa mual maupun mengakibatkan lelah dan letih pada badan.

Tumor 
Penyebabnya yang lain yang dapat menyebabkan rasa nyeri haid yang berlebihan yaitu ada tumor pada rahim, tumor dapat juga jadi penyebabnya haid tidak teratur. Tumor ini dimaksud dengan mioma, yang dapat keluar karena endometriosis, yakni salah satu penyakit pada tuba fallopi yang diikuti timbulnya jaringan endotrium tidak pada tempatnya. Jaringan endotrium yaitu jaringan yang melapisi bagian dalam uterus (rahim). Demikian hingga jika jaringan ini keluar dibagian luar (tidak pada tempat harusnya) juga akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada wanita yang alami menstruasi.

Menanggung derita penyakit radang panggul 
Penyakit radang panggul yang bernama latin pelvic inflammatory disease (PID) adalah penyakit peradangan atau infeksi yang terjadi di bagian genital wanita bagian atas yang mencakup rahim, indung telur termasuk tuba fallopi. Radang panggul nerupakan penyakit yang dikarenakan oleh bakteri yang sangat mungkin munculnya penyakit seksual menyebar. Penyakit ini umum diketemukan pada wanita dengan umur 15-24 th. yang aktif dengan seksual. Jika tidak selekasnya tidak dikerjakan tidak cuma juga akan mengakibatkan infertilitas, namun akan menyebabkan efek yang lain, yakni nyeri panggul kritis dan kehamilan ektopik (kehamilan diluar rahim) dan rasa sakit dan nyeri yang mengagumkan saat masa menstruasi. Oleh karenanya, cepatlah melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dokter kandungan.

Aspek hormonal 
Aspek hormonal yang disebut yaitu produksi hormon progesteron yang bertambah. Hormon progesteron ini dibuat oleh jaringan ikat kelenjar indung telur setelah melepas sel telur masak setiap bulannya. Oleh karenanya, hormon itu juga akan jadi besar mulut rahim dan makin menegang dibarengi dengan lubang mulut rahim yang menyempit hingga menyebabkan otot-otot rahim lebih kuat dalam berkontraksi keluarkan darah haid. Produksi homon yang berlebihan berikut yang mengakibatkan kontrasi makin kuat dan menyebabkan rasa nyeri bahkan juga sakit yang berlebihan.

Timbulnya adenomiosis 
Adenomiosis adalah jaringan susunan terdalam rahim yang mulai berkembang kedalam dinding otot rahim. Tempat kehadirannya yang berada didalam dinding otot rahim berikut yang mengakibatkan rasa nyeri ketika otot rahim berkontraksi untuk keluarkan darah haid saat menstruasi.

Stenosis leher rahim 
Stenosis leher rahim yaitu pembukaan yang terjadi di leher rahim (uterus) pada beberapa wanita yang sangat kecil. Demikian hingga membatasi aliran darah haid yang keluar saat menstruasi. Kondisi berikut yang mengakibatkan terjadinya desakan pada rahim hingga menyebabkan rasa sakit dan nyeri ketika haid.

Baca juga : senam untuk wajah yang mengendur

Penggunaan IUD 
IUD (Intrauterine Piranti) adalah suatu alat kontrasepsi yang diletakkan didalam rahim. Penggunaan alat ini biasanya juga akan mengakibatkan rasa nyeri pada wanita saat alami menstruasi, terlebih saat awal-awal penggunaannya.

Timbulnya fibroid 
Fibroid yaitu tumor yang biasanya menyerang rahim pada wanita. Walau tumor type ini tidak berbentuk kanker pada rahim, tetapi kemunculan tumor ini dapat juga jadi masalah sendiri pada wanita terlebih saat alami menstruasi. Ada tumor fibroid ini didalam rahim juga akan menyebabkan rasa nyeri yang mengagumkan pada wanita saat alami menstruasi. Bahkan juga ketika bukanlah masa menstruasi meskipun, tumor ini dapat juga menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada wanita dibagian rahim.

Sering konsumsi alkohol 
Bahaya alkohol sendiri untuk ibu hamil dan wanita benar-benar sangat besar. Seperti kita kenali kalau minuman mengandung alkohol tidak baik untuk kesehatan. Banyak kandungan bahan kimia yang bahkan juga dapat mengakibatkan kerusakan badan hingga mengganggu kesehatan. Demikian halnya pada wanita, terlalu banyak konsumsi alkohol juga akan memengaruhi kemampuan hormon kewanitaannya, seperti produksi hormon progesteron.

Terdapat dua peluang disini, dimana produksinya dapat tidak maksimum maupun berlebihan karena sistem hormon telah alami penurunan perform karena dampak kandungan alkohol yang berlebihan. Demikian hingga jika sistem seperti produksi hormon progesteron tidak teratasi, maka karena yang dapat diakibatkan yaitu rasa sakit dan nyeri pada rahim termasuk saat masa menstruasi.

Merokok 
Bahaya Rokok tidak jauh berlainan dengan minuman mengandung alkohol. Dimana terdapat beragam efek negatif yang dapat diakibatkan oleh rokok, seperti jantung, impotensi, masalah pada janin, dan yang lain. Masalah pada janin misalnya, dimana masih tetap terjadi pembentukan jadi ‘bentuk badan’ yang melibatkan alat reproduksi seperti rahim sebagai tempat pembuahan sel telur oleh ovarium.

Demikian hingga jika rokok dapat mengakibatkan masalah pada janin, maka dapat di pastikan kalau pembentukan janin disana alami masalah karena dampak rokok. Masalah itu dapat pula terindikasi datang dari sistem atau alat reproduksi yang terganggu. Bahkan juga rokok dapat juga menyebabkan kanker rahim pada wanita. Terbayang bukanlah jika terserang kanker rahim? Pastinya akan muncul rasa sakit dan nyeri mengagumkan pada rahim bukan sekedar saat menstruasi saja, tetapi dapat pula terjadi dan terasa diluar masa menstruasi.

Volume darah haid yang berlebihan 
Volume darah haid yang keluar saat masa menstruasi pada wanita pasti memiliki kandungan volume rata-rata sendiri setiap bulannya. Nyeri yang dirasa saat otot rahim berkontraksi keluarkan darah haid adalah hal yang umum untuk wanita. Tetapi lain perihal jika volume darah haid yang keluar berlebihan, yang bermakna memaksa otot rahim untuk lebih ekstra dalam melakukan kontraksi hingga rasa nyeri yang diakibatkan pun semakin terasa. Otot rahim yang berkontrasi berlebihan atau alami frekwensi makin banyak dalam berkontraksi berikut yang lalu makin menaikkan rasa nyeri pada wanita saat menstruasi. Ini terjadi karena otot rahim juga akan bekerja ekstra dalam keluarkan darah haid yang volumenya berlebihan atau lebih banyak dari yang biasanya.

Adnexitis 
Penyebabnya nyeri haid berlebihan yang lain yaitu infeksi. Adnexitis adalah penyakit infeksi atau peradangan yang terjadi persisnya pada adnexa rahim yang dikarenakan virus maupun bakteri, dimana adnexa yaitu jaringan yang berada di kanan dan kiri yang menempel pada rahim, yaitu tuba fallopi (idung telur) dan ovarium (sel telur). Demikian hingga ketika menstruasi, rahim juga akan terasa lebih nyeri saat otot rahim berkontrasi karena ada infeksi pada rahim itu. Berarti infeksi yang terjadi pada rahim tersebut sebagai penyebabnya rasa nyeri pada rahim wanita ketika alami menstruasi. Bahkan juga nyeri dapat juga muncul di luar masa menstruasi seperti penyakit-penyakit beda yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni tumor (mioma), endometriosis, radang panggul, adenomiosis, dan fibroid.

Sekian beberapa penyebabnya yang dapat jadikan rasa nyeri haid berlebihan ketika alami menstruasi pada wanita. Tetapi semua penyebabnya tentu ada jalan keluar atau obatnya. Oleh karenanya, jika kamu (wanita) alami rasa nyeri haid yang berlebihan, cepatlah kerjakan kontrol pada dokter terlebih dokter kandungan untuk ketahui penyebabnya dari rasa nyeri itu. Demikian hingga dapat di ketahui jalan keluar atau obat yang dapat menyingkirkan dan mengobati rasa nyeri itu agar tidak datang sekali lagi saat menstruasi yang selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar