Inilah 10 Kerajinan dari Barang Elektronik Bekas yang Kreatif.

21.50

Kreatifitas itu tak ada batasnya. Banyak sesungguhnya barang sisa di sekitar kita yang bisa digunakan jadi kerajinan tangan yang kreatif dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, namun kita saja yang belum juga menyadarinya.

Dengan sentuhan tangan yang kreatif, beberapa barang sisa itu dapat disulap jadi kerajinan yang buat orang merdecak mengagumi akan. Kerajinan dari barang sisa seperti kardus, botol, atau sisa kain mungkin telah umum.

Lalu bagaimana dengan barang elektronik?

Nyatanya barang elektronik sisa dapat jadikan sebuah kerajinan yang kreatif dan kerajinan dari barang elektronik sisa dapat jadikan sebuah sebuah alternatif pengganti kardus atau botol.

Nah berikut contoh-contoh kerajinan hasil kreatif dari barang elektronik sisa yang dapat kalian coba

Tempat Alat Catat dari Disket 

kerajinan dari barang bekas disket edukreatif.com

Tingkat kesusahan : Mudah

Bila biasanya tempat pensil atau pulpen dari botol maupun kaleng sisa, kesempatan ini tempat alat catat datang dari Disket.

Disket saat ini telah sedikit susah diketemukan, dan biasanya beberapa orang telah membuangnya karena dipandang kalah peranan dari CD atau Flashdisk.

Bila anda memilikinya di rumah, baiknya janganlah dibuang, gunakanlah.

Langkahnya sangat mudah, tinggal rekatkan dengan lem di ujung Disket, bentuk mirip kubus tanpa ada penutup atas, lalu tunggulah sampai kering

Tempat Alat Tulis dari Keyboard 

kerajinan dari barang bekas: keyboard

Bahan : Keyboard Rusak, Lem, Kaleng bekas

Tingkat kesusahan : Mudah

Bila anda miliki keyboard rusak, baiknya janganlah dibuang. Bila sebelumnya tempat alat catat datang dari disket, kesempatan ini kita dapat membuat ide kreatif teknologi dari keyboard sisa. keyboard sisa PC maupun Laptop dapat.

Bersihkan lebih dahulu kaleng sisa yang juga akan anda pakai agar lem dapat lengket dengan baik. Rekatkan bawah keyboard dengan lem ke kaleng satu persatu. Lalu tunggu sampai kering

Gantungan Accessories dari CD 

kerajinan dari barang bekas: disket CD/DVD

Bahan : VCD/DVD, tempat CD, Lem, Besi/Paku, Lilin/Api

Tingkat kesusahan : Mudah

Bila anda miliki banyak accessories seperti gantungan kunci, kalung maupun gelang, baiknya buat gantungan begini. cukup hanya memakai kaset-kaset film bekasmu, DVD atau VCD dapat.

Beri lubang di selama pinggir CD, dapat dengan besi kecil yang sudah dipanasi (baiknya janganlah melubangi lewat cara memukul besi/paku, karena dapat buat pecah CD).

Tempatkan CD pada tempat atas, berikan pengganjal dibawahnya, dapat dengan gabus atau bahan plastic yang di beri Lem. Tunggulah sampai kering

Hiasan dinding dari CD 

kerajinan dari barang bekas: disket CD/DVD

Bahan : VCD/DVD, Lem, Kain hitam, Bingkai/Gabus, Gunting, Hekter

Tingkat kesusahan : Mudah

Nyatanya CD dapat juga di buat jadi hiasan dinding. Langkah ide kreatif barang bekas sederhana cukup mudah. Potong-potong keping CD yang telah disediakan barusan namun dengan ukuran yang berlainan.

Rentangkan kain hitam ke bingkai atau gabus, hekter di ujung-ujungnya. Kenapa kain hitam? Karena warna hitam kontras dengan warna CD, agar terlihat lebih indah, sesungguhnya dapat ditukar dengan warna gelap yang lain.

Lekatkan potongan-potongan barusan ke bingkai yang sudah di beri kain.

Atur sesuai bentuk polanya. bingkai tidak harus berupa persegi, dapat bundar atau segitiga, bergantung hasratmu

Gantungan Kunci dari Komponen Elektronik 

kerajinan dari barang bekas elektronik

Bahan : Komponen Elektronik, kawat, Lingkar gantungan kunci,

Tingkat kesusahan : Mudah

Bila anda tidak ingin gantungan kunci yang mainstream, anda dapat buat gantungan kunci dari sisa-sisa Komponen Elektronik.

Bahan-bahanya dapat anda peroleh dari beberapa barang elektronik yang telah rusak, ambillah dari papan circuitnya. Setelah bahan telah terkumpul, berikan kawat untuk sama-sama menghubungkannya.

Bentuk sesuai yang anda kehendaki. Paling akhir beri Lingkar gantungan kunci untuk menjepit kuncimu.

Hiasan Bentuk Kadal dari Baterai 

kerajinan dari barang bekas: baterai bekas . edukreatif.com

Bahan : Baterai sisa, kabel sisa, gunting, kawat

Tingkat kesusahan : Menengah

Untuk anda pencinta miniatur namun jemu dengan miniature yang umum saja, ini dapat anda cobalah. Baterai sisa yang sudah suap janganlah anda buang, kumpulkan.

Terlepas terlebih dulu besi mereknya, potong-potong kabelnya sesuai ukuran yang anda kehendaki, lalu hubungkan dengan kabel-kabel memakai kawat dibagian ekor dan kakinya. Bentuk sampai mirip kadal.

Hiasan Bentuk Burung dari Sisa Komponen Elektonik 

kerajinan dari barang bekas eletronik . edukreatif.com

Bahan : CD, Gear, Obeng, Baut, Besi, Speaker Radio, Gunting, Kawat, Kabel

Tingkat kesusahan : Susah/Rumit

Terkecuali miniatur kadal, miniature dapat juga jadi hiasan yang menarik. Namun membuat hiasan ini cukup rumit, perlu ketekunan lebih. Potong CD dengan gunting, bentuk mirip sayap dan bulu ekor.

Untuk tubuh burung dapat anda pakai sisa-sisa gear atau dynamo, sedang kaki dapat dengan Kabel yang agak besar, Kepalanya pakai gabus speaker atau dapat anda bentuk sendiri.

Hiasan Bentuk Burung Hantu dari Sisa Komponen Elektonik 

kerajinan dari barang bekas eletronik edukreatif.com

Bahan : CD, Gear, Obeng, Mor, Besi, Gunting, Kawat, Kabel, komponen Elektronik lainnya

Tingkat kesusahan : Sangat Rumit

Miniature burung hantu ini sangat rumit untuk membuatnya. Namun untuk anda yang miliki hasrat kuat dan jiwa seni tinggi tentu dapat membuatnya. Cara membuatnya tidak jauh lain dengan miniature burung.

Namun dalam contoh gambar sayapnya terbuat dari himpunan lempengan besi.

Hiasan Bentuk Sepatu dari Papan Circuit 

kerajinan dari barang bekas eletronik: papan sirkuit. edukreatif.com

Bahan : Papan Circuit, Pemotong, kawat/lem

Tingkat kesusahan : Rumit/Sulit

Sepatu ini bukanlah untuk diapakai di kaki pastinya, cuma untuk hiasan. Pertama potong papan circuit yang sudah anda kumpulkan, potong sesuai bentuk sepatu yang anda kehendaki.

Bagian yang perlu anda bentuk yakni, alas sepatu, hak, bagian atasnya. Setelah terpotong silakan sambungkan. Dapat memakai kawat maupun lem.

Hiasan Bentuk Sendal dari Papan Circuit 

kerajinan dari barang bekas eletronik: papan sirkuit. edukreatif.com

Bahan : Papan Circuit, Pemotong, kawat/paku, lempengan besi

Tingkat kesusahan : Rumit/Sulit

Serupa dengan hiasan sepatu, hiasan sandal ini sedikit susah. Perlu kecermatan dan ketekunan membuatnya. Pertama bentuk alas sendalnya, ukurannya terserah anda.

Bentuk melingkar lempengan besi jadi penjepit sendalnya, silakan jenis bergantung kesukaanmu. Sambungkan dengan kawat. Baiknya janganlah dengan lem karena kawat diajmin lebih kuat.

Nah bagaimana kerajinan dari barang elektronik sisa itu? Silakan coba beberapa kerajinan dari barang elektronik sisa di atas. Makin rumit kerajianannya, makin tinggi juga nilai seni dan kenikmatan yang anda peroleh.

Janganlah buang barang sisa elektronik yang anda punyai dengan asal-asalan sekali lagi, karena nyatanya dapat anda menjadikan karya seni yang bagus.

You Might Also Like

0 komentar