Minggu, 20 Agustus 2017

Inspirasi hidup dari buah kelapa

Image result for Inspirasi hidup dari buah kelapa

Materi mengenai inspirasi hidup dari buah kelapa ini yaitu salah satu isi tausiyah Aa Gym saat acara muhasabah akhir th. di Masjid Pusdai Bandung. Saya jadi satu diantara beberapa ribu pesera yang ada saat itu.

Ada 3 pemateri saat acara muhasabah ini. Pertama yaitu Prof. Miftah Farid, Ketua MUI Bandung. Lalu dilanjutkan Aa Gym yang sharing pengetahuan. Dan yang paling akhir yaitu Ayah Jamilazzaini, Seseorang Inspirator Berhasil Mulia, yang memberi materi berjudul Move On dengan Empat On.

Aa Gym memberi materi yang beliau berikan judul Lima Tehnik Bercermin Diri. Salah satu point yang menarik yaitu saat beliau mengulas mengenai ambil ide hidup dari buah kelapa.

Kek Jamilazzaini jadi pemateri setelah Aa Gym, juga turut nikmati kajian ini. Bahkan juga Beliau juga mencantukan Ide Hidup dari Buah Kelapa yang di sampaikan Aa Gym ini di situs (blog) beliau dan di buku beliau yang berjudul “ON”.

Ok, segera saja kita ke kajian cerita inspiratif kehidupan yang dapat kita ambillah dari buah kelapa.

Inspirasi hidup dari buah kelapa 

Bagaimana sistem buah kelapa hingga dapat digunakan sari patinya? Pertama, dari atas pohon yang tinggi, Buah Kelapa dijatuhkan dengan sangat keras ke tanah. Kemudian, buah kelapa dijambak dan digunduli lewat cara serabutnya ditarik kesana kemari. 😀

Bahkan juga setelah gundul, kelapa dipukul sekali lagi dengan sangat keras sampai batoknya pecah & terlihat daging buahnya. Selesai? Belum juga. Setelah kelapa pecah, dia harus dicungkil atau dilepaskan dari batoknya.

Tidak sampai disitu, kelapa masih tetap harus diparut memakai besi-besi kecil tajam. Belum senang, hasil parutan itu masih tetap harus diperas. Dan setelah semua sistem itu selesai, baru dibuat sari pati buah kelapa/santan.

Demikian halnya kehidupan. Sebenarnya setiap sistem kehidupan, apakah itu cacian, hinaan, jatuh bangun, semua yaitu bagian sistem yang perlu kita lewati agar dibuat kehidupan yang lebih berkualitas hingga memperoleh sari patinya. Kuat dan sabar saat memikul derita yaitu kunci menuju kehidupan yang lebih berarti.

Aa Gym mencontohkan kedaan beliau sendiri. Bagaimana beliau sempat rasakan dipuji dan dikagumi bebrapa ramai banyaknya orang. Namun lalu beliau dicaci dan dihina juga dengan rema-rame. Dan beliau bersukur sekali di beri ujian itu. Banyak hikmah yang beliau didapat.

Untuk kisah inspiratif kehidupan nyata hidup yang lebih bermartabat tidak selamanya dikelilingi oleh suatu hal yang nikmat. Diperlukan rasa sakit, perasaan tidak nyaman, hinaan dan semua derita yang terkadang datangnya tidak kita undang. Namun tersebut sistem yang perlu kita lewati untuk memperoleh sari pati kehidupan.

Apabila hidup dimisalkan bersepeda, saat kita tidak perlu mengayuh dan bersusah payah, itu tandanya jalan tengah alami penurunan. Tetapi, apabila kita perlu mengayuh, itu tandanya kehidupan kita tengah menanjak menuju puncak.

Kelapa akan tidak hasilkan sari pati apabila akhirnya berhenti di dalam jalan. kita pun akan tidak temukan sari pati kehidupan apabila tidak sabar saat hadapi sistem kehidupan. 🙂

0 komentar:

Posting Komentar